Pembukaan Core3D 2024 “Creativity in Society 5.0” – Departemen Teknik Komputer FTI UNAND

Pada tanggal 27 Mei 2024, Departemen Teknik Komputer Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas mengadakan acara pembukaan Core3D dengan tema “Creative in Society 5.0.” Acara yang berlangsung di Auditorium Universitas Andalas ini diresmikan oleh Wakil Rektor IV Universitas Andalas dan dihadiri oleh seluruh civitas akademika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas. Acara ini berlangsung dari tanggal 15 Mei hingga 29 Mei 2024.

Pembukaan diawali dengan penampilan tari tradisional “pasambahan” yang dibawakan oleh mahasiswa departemen teknik komputer. Dilanjutkan dengan laporan dari ketua panitia penyelenggara, M. Rifqi Asy’ari yang melaporkan bahwa proses persiapan berjalan lancar. Selanjutnya sambutan dari Dekan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas, Dr. Ahmad Syafruddin Indrapriyatna yang menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dan menyampaikan harapan agar acara dapat sukses. Beliau juga memperkenalkan Fakultas Teknologi Informasi dan menyampaikan peluang bahwa para finalis dan juara Olimpiade TI akan diberikan keistimewaan khusus untuk mendaftar di Fakultas Teknologi Informasi pada jalur mandiri di Universitas Andalas tahun depan.

Acara ini diresmikan oleh Wakil Rektor IV Universitas Andalas, Dr. Henmaidi, S.T., M.Eng.Sc., yang menyatakan dukungannya terhadap acara seperti Core3D dengan melibatkan pihak eksternal untuk memajukan Universitas Andalas. Bapak WR4 memberikan wawasan mengenai tema acara tersebut, “kreativitas”, yang menyatakan bahwa “penemuan dan kemudahan yang diciptakan oleh individu masa lalu berasal dari pemikiran kreatif.” Peserta pameran Tugas Akhir yang hadir pada pembukaan ditantang oleh Wakil Rektor IV untuk berinovasi dan menciptakan alat-alat yang memudahkan aktivitas manusia.

Usai pembukaan Core3D, seluruh tamu undangan mengunjungi stand pameran Tugas Akhir yang ada di Auditorium Universitas Andalas. Antusiasme yang besar terlihat dari para tamu dan peserta. Terdapat 52 tugas akhir yang dipamerkan pada acara tersebut, yang dibawakan oleh mahasiswa Teknik Komputer angkatan 19 dan 20.

Selain pameran Tugas Akhir, hari pertama Core3D juga diisi dengan kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Padang, bazaar yang diikuti beberapa UKM di Padang, dan olimpiade komputer SMA untuk sekolah-sekolah di Sumatera Barat. Hal ini tentunya menambah meriah suasana acara Core3D. Kegiatan dimulai pada pukul 09.30 dan berakhir pada pukul 16.00.