Profil

Sejarah

Jurusan Teknik Komputer yang sebelumnya bernama Sistem Komputer merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Andalas. Jurusan ini didirikan pada tanggal 15 Juli 2008 melalui Surat Keputusan Jenderal pendidikan tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 2204/D/T/2008 dengan program studi S1 Sistem Komputer di bawah Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurusan Sistem Komputer bergabung dengan Jurusan Sistem Informasi membentuk Fakultas Teknologi Informasi pada tanggal 12 Oktober 2012.

Jurusan Sistem Komputer memperoleh akreditasi B dari BAN-PT pada tanggal tanggal 27 desember 2017 dengan dengan nomor SK 5109/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2017 dan akan berakhir pada 26 Desember 2022. Untuk menyesuaikan dengan nomenklatur penamaan jurusan dari DIKTI maka nama jurusan berubah menjadi Teknik Komputer dan gelar lulusan disesuaikan dengan gelar Sarjana Teknik (ST), pada tanggal 8 Juli 2020 melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 630/M/2020.

Menjadi Program Studi Teknik Komputer yang terkemuka di bidang Rekaya Sistem Tertanam di tingkat Nasional pada tahun 2031.
  • Menyelenggarakan pendidikan berkualitas tinggi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat, industri dan pemerintah.
  • Melaksanakan riset untuk pengembangan konsep dan ilmu yang berkelanjutan di bidang Teknik Komputer.
  • Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam rangka penerapan ilmu teknik komputer.
  • Menjalankan sistem pendidikan dengan penjaminan mutu sesuai Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT).
  • Mengembangkan ilmu, keterampilan dan pengalaman untuk pemecahan masalah dalam bidang Teknik Komputer.
  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam menguasai bidang Teknik Komputer dengan mengaplikasikannya ke dalam dunia kerja serta memiliki keterampilan untuk berwirausaha.
  • EO-1: Lulusan/profesi mandiri memiliki profesionalisme dalam merancang sistem berbasis komputer dengan menerapkan teknik, keterampilan dan perangkat yang diperlukan
  • EO-2: Lulusan/profesi mandiri memiliki kemampuan bekerjasama dan berkomunikasi dalam mengeksekusi, maupun memberikan solusi terkait permasalahan di bidang teknik komputer
  • EO-3: Lulusan / profesi mandiri memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi komputer terkini di organisasi tempatnya bekerja.
  • EO-4: Lulusan/profesi mandiri mampu menggabungkan sikap kepemimpinan dan kemandirian berusaha dalam penerapan keilmuan teknik komputer untuk mencapai keunggulan daya saing di tingkat nasional dan internasional.
  • CPL-1 : Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam dan/atau material, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip teknik komputer.
  • CPL-2 : Kemampuan mendesain komponen, sistem dan/atau proses untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, misalnya hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan serta untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global.
  • CPL-3: Kemampuan mendesain dan melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis dan mengartikan data untuk memperkuat penilaian teknik komputer.
  • CPL-4: Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis dan menyelesaikan permasalahan teknik komputer.
  • CPL-5: Kemampuan menerapkan metode, keterampilan dan piranti teknik yang modern yang diperlukan untuk praktek teknik komputer.
  • CPL-6: Kemampuan berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan.
  • CPL-7: Kemampuan merencanakan, menyelesaikan dan mengevaluasi tugas di dalam batasan-batasan yang ada.
  • CPL-8: Kemampuan bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya.
  • CPL-9: Kemampuan untuk bertanggung jawab kepada masyarakat dan mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan teknik komputer.
  • CPL-10: Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan.