Pada zaman di mana kemajuan Teknologi Informasi sangatlah pesat, penggunaan komputer dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi suatu keniscayaan. Komputerisasi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi tuntutan bagi para pengajar untuk memiliki kemampuan di bidang komputer. Dalam rangka melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sekaligus promosi jurusan agar dikenal luas masyarakat dan calon mahasiswa. Oleh karena itu, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diadakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Jurusan Sistem Komputer Fakultas Teknologi Infomasi Universitas Andalas, dilakukan implementasi dan pendampingan penggunaan aplikasi Edmodo sebagai salah satu bentuk aplikasi pembelajaran untuk guru MGMP Fisika SMU Kota Padang.
Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan aplikasi EdModo, mendampingi guru dalam menggunakan EdModo, mengembangkan web log (blog) komunitas, membantu mendampingi pengembangan blog individu perwakilan guru, dan mengimplementasikan agregasi blog-blog individu guru MGMP Fisika Kota Padang.
Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 4 fase, yaitu:
- On-site 1 (3 Oktober 2019): Pengenalan aplikasi asesmen pembelajaran (Edmodo)
- Off-site 1 (4-24 Oktober): Pendampingan penerapan Edmodo untuk Quiz/UH
- On-site 2 (10 Oktober 2019): Pengenalan Blog MGMP, Blog Individu, Agregator Blog
- Off-site 2 (11 Oktober–24 November): Pendampingan penerapan blog guru & MGMP
Kegiatan On-Site 1 dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2019 di ruang rapat SMAN 4 Sumatera Barat. Acara dimulai dan dibuka pukul 09.00 dan ditutup pukul 15.00 dengan rundown acara terlampir. Penyampaian materi menggunakan slide dengan metode hands-on secara langsung. Di sesi akhir kegiatan, guru-guru diberi tugas yang harus mereka kerjakan selama fase Off-site 1 (4 – 24 Oktober 2019).
Kegiatan On-Site 2 dilaksanakan juga di ruang rapat SMAN 4 Sumatera Barat. Acara dimulai dan dibuka pukul 08.30 dan ditutup pukul 14.00 dengan rundown acara terlampir. Penyampaian materi menggunakan slide dengan metode hands-on secara langsung. Di sesi akhir kegiatan, guru-guru diberi tugas yang harus mereka kerjakan selama fase Off-site 2 (11 Oktober sampai 24 November).
Dari hasil pelaksanaan kegiatan ini output yang diperoleh adalah meningkatnya pengetahuan dan keahlian guru-guru dalam memanfaatkan penggunaan teknologi informasi, salah satu yaitu layanan aplikasi Edmodo dan web log atau blog untuk membantu menyampaikan pembelajaran, ataupun asesmen pembelajaran berupa quiz dan UH. Ilmu baru ini diharapkan juga mempermudah pekerjaan guru-guru dalam memperoleh umpan balik atau dalam membuat survei.